KARYA PELAYANAN
DEPARTEMEN DOKUMENTASI DAN PENERANGAN
KONFERENSI WALIGEREJA INDONESIA

Gedung KWI Lt.1 Jl. Cut Mutiah 10 Menteng Jakarta Pusat Tromolpos 3044, Jakarta 10002, Indonesia Telp. (021) 325757, Fax. (021) 325757 E-mail: dokpen@kawali.org

 
====================================================================

Mengacu pada Buku HIMPUNAN DIREKTORIUM K/L/S/D yang disusun dan diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal KWI - Direktorium Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI (hal. 16 dst : Bab. II Pasal 3 - Tujuan, Pasal 4 - Tugas, Pasal 5 - Fungsi, Pasal 6 - Pelayanan Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI terhadap Setjen KWI dan Perangkat-perangkat KWI) maka Departemen Dokpen KWI telah mengusahakan bererapa langkah untuk mewujudkan maksud Tujuan, Tugas dan Pelayanan tersebut.

 

I. BIDANG DOKUMENTASI

1. Bidang ini dibagi menjadi 2 bagian:
  • Dokumentasi Buku dan Kearsipan
  • Bidang dokumentasi buku atau disebut PERPUSTAKAAN pada khususnya mengumpulkan/ mendokumentasikan buku-buku yang menyangkut tentang Gereja Katolik dan ajarannya dan juga sebagian buku-buku umum. Perpustakaan yang diusahakan Dep. Dokpen KWI ini terbuka untuk umum, adapun sistem perpustakaan ini adalah perpus-takaan tertutup, pengunjung yang memerlukan data dan buku hanya dapat mencari data pustaka pada komputer dan kemudian petugas mencarikan data/buku yang diperlukan, data dan buku yang ada di perpustakaan tidak dapat dipinjam/dibawa hanya dapat dibaca/ dicopy. Koleksi buku yang ada di perpustakaan Dep. Dokpen KWI ini seputar buku-buku keagamaan (khususnya Katolik), adapun buku-buku yang bersifat umum lainnya sangat terbatas.

    Bidang kearsipan: mengumpulkan arsip-arsip KWI berupa :
    a. Keputusan KWI,
    b. Suara Gembala / Surat Gembala KWI
    c. Pernyataan KWI
    d. Jawaban kepada Media Masa
    e. Arsip lainnya yang berhubungan dengan KWI

    Dalam hal kearsipan ini sangat dibutuhkan kerjasama yang baik dan berkaitan dengan Sekretariat Jenderal KWI. Suatu tradisi dan tata kerja yang berlangsung sampai saat ini bahwa segala sesuatu yang sifatnya resmi dikeluarkan oleh KWI disusun oleh Sekretariat Jenderal KWI maka setiap dikeluarkan Keputusan, Suara/Surat Gembala, Pernyataan senantiasa melalui Sekretariat Jendral KWI.

  • Dokumentasi Audio Visual dan Foto

Bidang ini masih dalam taraf pengembangan, maka sangat membutuhkan kerjasama dari semua Komisi-komisi, Lembaga-lembaga dan Departemen-departemen yang ada di KWI dan Keuskupan-keuskupan yang ada di Indonesia untuk dapat menginformasikan dan memberikan dokumen penting yang berupa foto dan video pada kegiatan-kegiatan pen-ting yang dilaksanakan pada K/L/D yang bersangkutan.

Hal ini dibutuhkan untuk pelayanan informasi kepada yang membutuhkan, misalnya: pembuatan buku sejarah dan brosur, media masa, dan penerbitan dokumen-dokumen penting lainnya.

Sampai saat ini baru dapat diusahakan pengumpulan dokumentasi kegiatan rutin KWI seperti Sidang Tahunan KWI dan beberapa peristiwa penting yang dilaksanakan KWI seperti:
a. Sidang Tahunan KWI mulai tahun 1995 s/d tahun 2000.
b. Sidang Agung KWI-Umat Katolik tahun 1995 (bekerjasama dengan KOMSOS K.A. Semarang).
c. Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia tahun 2000 (bekerjasama dengan KOMSOS KWI).
d. Beberapa dokumen mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPS-KWI - perihal Gender, dokumen yang diusahakan oleh Komisi HAK-KWI,
e. Beberapa dokumen dari Keuskupan Surabaya.
f. Dokumen kegiatan Suster-suster Gembala Baik.
g. Dokumen Pelayanan Pelaut
h. Beberapa dokumen penting lainnya. - daftar terlampir - data AV

 

II. BIDANG PENERANGAN

Pada Bidang Penerangan ini khususnya memberikan informasi melalui penerjemahan dokumen-dokumen Gereja, terbitan berkala dokumen-dokumen KWI, dan penyebarluasan keputusan serta pernyataan KWI.

Adapun terbitan-terbitan yang ditangani oleh Dokpen sampai saat ini (tahun 2001) adalah sbb:
1. Seri DOKUMEN GEREJAWI No 1 s/d No. 61 - daftar terlampir - data DOKGER
2. Seri DOKUMEN FABC No. 1 s/d 4 (tahun 1970 s/d 1998) - daftar terlampir - data FABC
3. Seri SPEKTRUM (mulai tahun 1971 s/d saat ini - tahun 2001) - daftar terlampir - isi SPK
4. Kumpulan AJARAN SOSIAL GEREJA (100 tahun: tahun 1891 s/d 1991)
5. BUKU PETUNJUK GEREJA KATOLIK INDONESIA
6. Terbitan-terbitan lepas lainnya - daftar terlampir - data TERBITAN LEPAS


VISI DAN MISI

1. VISI : JATI DIRI GEREJA DI INDONESIA PERLU DIFAHAMI, DIHAYATI DAN DIPERKENALKAN


1.1. Kehadiran Gereja di Indonesia sebagai Umat Allah, baik secara perorangan, kelompok, maupun kelembagaan, hendaknya menjadi berkat keselamatan bagi seluruh bangsa indonesia, selaras dengan amanat Kristus pada seluruh Gereja di dunia dan ajaran Gereja sebagaimana tertuang antara lain dalam Konstitusi Dogmatis tentang Gereja "Lumen Gentium" maupun Konstitusi Pastoral "Gaudium et Spes.

1.2. Karena itu perlulah jatidiri Gereja dimengerti dan dihayati oleh semua anggota Gereja; dan selanjutnya setiap anggota Gereja mengemban tugas untuk memperkenalkan jatidiri Gereja kepada masyarakat luas dengan perbuatan maupun perkataan, sehingga Gereja dipahami sebagai tanda rahmat dari Tuhan dan sekaligus saudara-saudara mereka sendiri yang senasib dan sepenanggungan dalam peziarahan hidup ini.

1.3. Sebagai bagian penting Umat Allah di Indonesia, Konferensi Waligereja Indonesia mempunyai peranan penting dalam memperkenalkan jatidiri Gereja melalui kegiatan sehari-hari baik dalam pelayanan kepada umat maupun kepada masyarakat pada umumnya.

1.4. Dalam kaitan ini perlulah Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI dalam kerjasama dengan Sekretariat Jenderal KWI mengambil bagian dalam tugas hubungan masyarakat/penerangan dan dokumentasi dalam rangka pemahaman, penghayatan dan pengenalan jatidiri Gereja.


2. MISI
HUMAS / PENERANGAN, DAN DOKUMENTASI

2.1. Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI ambil bagian dalam hal hubungan kemasyarakatan. Dimaksudkan dengan Hubungan Masyarakat (HUMAS) adalah pemberian informasi mengenai jatidiri Gereja dalam berbagai aspek dan datanya serta pandangan iman dan moral/etikanya mengenai hal-hal yang menyangkut berbagai hal dan kejadian di tengah bangsa dan masyarakat, dengan kemasan dan cara yang tepat, baik, menarik dan mudah ditangkap.

  • Gereja seluruhnya, dan bukan hanta KWI, perlu memainkan peran yang lebih aktif.
  • Pandangan Gereja Katolik tidak hanya disuarakan oleh HUMAS KWI, Khususnya mengenai hal-hal yang menyangkut sosial-Politik.
  • Petugas Kehumasan KWI:
    • Sehari-hari: Sekretaris Eksekutif KWI dan Kepala Depertemen Dokumentasi dan Penerangan KWI;
    • Dalam hal khusus/istimewa: Sekjen KWI atau yang ditugaskan khusus.

2.2. Dokumentasi: Merekam sikap, pandangan dan kegiatan-kegiatan KWI yang penting, peristiwa-peristiwa penting yang menyangkut Gereja universal maupun setempat dan yang mempunyai dampak dalam Gereja di Indonesia dan atau masyarakat Indonesia, maupun peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang berdampak kuat pada kehidupan Gereja.

2.3. Publikasi cetak: Mempublikasikan Seri Dikumen Gerejawi, SPEKTRUM, Buku Petunjuk Gereja Katolik Indonesia, Seri Dokumen FABC dan informasi lainnya.

 

Keterangan lehih lanjut dapat menghubungi kami:
No. Telp. dan Fax. (021) 325757, E-Mail: dokpen@kawali.org

1. F.X. Adisusanto SJ  Kepala Dep. Dokpen KWI
2. Bernadetta Harini - Penerbitan
3. Yohanes Indra - Perpustakaan & Ekspedisi

 

 

 

 

Kembali ke atas

 
 
 
   
Copyright©Kawali.Org 2001-2002